Niatnya Bercanda, Malah Jadi Petaka

Ethos3

Siapa yang tak suka bercanda? Hampir semua manusia memiliki selera humor, walaupun dengan kadar yang berbeda. Faktanya bercanda memang memiliki beberapa manfaat di antaranya,

  • Bisa membuat rileks: Ketika orang mendapatkan humor, maka sistem saraf otonom akan menurun yang membuat jantung lebih santai.
  • Menghilangkan stres : Peneliti dari Loma Linda University juga menemukan humor dan lelucon bisa membantu mengurangi tingkat 3 hormon yang berhubungan dengan stres yaitu kortisol (hormon stres), epinefrin (adrenalin) dan juga hormon dopac. Karenanya peneliti menyarankan cara positif seperti humor untuk mengurangi hormon stres yang merugikan.
  • Mengurangi rasa takut : Humor adalah alat kebahagiaan yang paling mendasar. Secara fisiologis humor dapat menutupi rasa takut yang dialami oleh seseorang pada saat yang sama. Jadi humor bisa mengubah persepktif seseorang mengenai memori yang menyakitkan di masa lalu dan menggantinya dengan kebahagiaan. 

Meskipun demikian ada beberapa orang yang memiliki selera humor yang tinggi, begitupun sebaliknya. Terkadang kalau kedua tipe manusia itu saling bertemu akan menjadi bumerang bagi satu sama lain. Atau menempatkan bercanda pada waktu yang tidak tepat.

Seringkali terdengar hal - hal buruk terjadi hanya karena berawal dari bercanda. Bahkan nyawa, harga diri, dan solidaritas menjadi taruhannya. Meskipun tidak ada niatan untuk memperkeruh keadaan, karena kurangnya berkaca dan menelaah suasana semua itu harus terenggut.

Boleh saja bercanda, toh ada manfaat baiknya juga kan. Perlu diingat juga, bercanda ada waktu dan tempat yang pas. Agar hal - hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Jadi mulai sekarang tingkatkan kesadaran diri, jika ingin membuat sebuah lelucon. Pastikan tidak berlebihan sehingga akan mendapatkan manfaatnya.


Previous
Next Post »

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa follow dan berteman dengan saya di facebook : Nazifah R, Twitter : @zifah03, dan instagram : @zifahra ^^ ConversionConversion EmoticonEmoticon