Sudah Benarkah Dietmu?

Image result for diet
Reality Sandwich
Ada banyak faktor yang menyebabkan kegemukan terjadi, di antaranya melalui asupan makanan, gaya hidup dan faktor keturunan. Terlalu sering mengonsumsi junk food dalam jumlah berlebihan dapat memicu kegemukan, begitupun dengan gaya hidup yang tidak sehat dan teratur. Akibatnya banyak lemak yang tertimbun di dalam tubuh sehingga membuat berat badan bertambah. Memiliki berat badan di atas batas ideal atau berlebih membuat sebagian orang berkurang rasa percaya dirinya. Selain itu kelebihan berat badan juga beresiko menimbulkan berbagai penyakit di dalam tubuh.

Related image
www.womenshealthmag.com
Pastinya tidak ingin berlama-lama hidup dengan lemak menumpuk serta ingin lebih sehat dan bugar, mereka yang mengalami kegemukan mencari solusi dari semua masalah bentuk tubuh. Dan diet, menjadi cara yang paling diminati. Bahkan mereka yang kelebihan berat badan berlomba-lomba melakukan diet untuk mendapatkan berat badan ideal dan bentuk tubuh yang ramping. Dalam benak kebanyakan orang, diet itu artinya mengurangi porsi makan atau bahkan tidak menyentuh makanan sama sekali, dan menggantinya dengan buah atau sayur. Atau bahkan ada yang melakukan diet ekstrim dengan tidak makan sama sekali hanya memberi asupan pada tubuh dengan air putih. Dan yang lebih ekstrim dengan melakukan olahraga terlalu diforsir, bisa-bisa malah terkena dehidrasi. Sesungguhnya olahraga hanya berperan 20% dalam proses mendapatkan tubuh bugar. Namun untuk mengurangi lemak yang menimbun di dalam tubuh yang ampuh, 80% dari menyortir makanan yang masuk melalui mulut, dan pastikan mengandung nutrisi yang seimbang bagi tubuh.

 Demi mendapat berat dan bentuk tubuh ideal manusia yang diberi akal akan melakukan apa saja untuk bisa mewujudkannya. Namun banyak yang salah mengira dengan arti dari diet itu sendiri, karena ketidaktahuan tersebut banyak yang tumbang saat menjalani diet, bahkan sampai harus menjalani rawat inap. Niat hati ingin sehat dan memiliki badan ramping, tapi justru tagihan rumah sakit yang didapat, tidak ingin kan?

Sebenarnya apa sih diet itu? Apakah hanya orang-orang yang kelebihan berat badan (obesitas) yang harus melakukannya?

Image result for diet
Arthritis Foundation
Kata ‘diet’ sebenarnya pertama kali digunakan ada abad ke-13, yang berasal dari bahasa Yunani yaitu diaita, yang artinya manner of living atau cara hidup. Maka dari itu diet bukan sekedar upaya menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan yang dikonsumsi, melainkan mengatur pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat dan memiliki nutrisi yang seimbang. Jumlah makanannya bisa saja ditambah atau dikurangi, tergantung kebutuhan masing-masing orang berdasarkan usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, serta aktifitas yang dijalani.

Ada beberapa alasan diet dilakukan, ada yang memang ingin menjaga kesehatan atas anjuran dokter atau karena ada masalah dengan penyakit tertentu, ada juga yang memang memiliki masalah terhadap berat badan. Untuk mendapatkan berat badan ideal terdapat perbedaan dalam mengatur pola makan. Baik yang ingin menurunkan berat badan atau menambah berat badan (bila berat badan belum mencapai berat ideal). Sama halnya untuk mempertahankan berat badan (pembentukan atau menjaga otot mereka) serta mengecilkan perut buncit.

Diet berarti mengatur pola makan sehat dengan tetap makan setiap hari, hanya saja jumlah asupan kalori dikurangi namun tetap memenuhi gizi yang dibutuhkan pada tubuh. Bukan dengan obat, bukan dengan disuntik, bukan dengan makan hanya buah, sayur, atau lauk saja, juga bukan dengan sedot lemak. Karena semua butuh proses untuk mendapat hasil yang maksimal. Kebanyakan cara instan memiliki efek samping yang merugikan terhadap tubuh dan kesehatan.

Related image
drsujatashetty.com
Ada beberapa hal yang dapat menunjang aktifitas diet di antaranya dengan membiasakan sarapan dan mengurangi asupan kalori. Banyak yang meremehkan sarapan, padahal manfaatnya banyak sekali. Seperti sumber energi awal, mencukupi kebutuhan nutrisi harian, menjaga berat badan ideal.
Jadi mulailah hidup sehat dengan diet. Diet bukan hanya untuk dilakukan 1-2 hari, melainkan menjadi gaya hidup sehat.



Ref :
  1. http://menurunkanberatbadan.info
  2. http://konsultandiet.id







Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Ibnu Basyier
admin
10 Februari 2017 pukul 19.17 ×

Coba ikut program OCD kalau mau diet. Di OCD, makan apapun gk dilarang, loh..

Congrats bro Ibnu Basyier you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa follow dan berteman dengan saya di facebook : Nazifah R, Twitter : @zifah03, dan instagram : @zifahra ^^ ConversionConversion EmoticonEmoticon