Berkaca dari Turbo

Image result for turbo movie
DesignBolts
Siapa yang tahu film Turbo? Film ini mengisahkan seekor siput yang menyukai dunia balap mobil. Ia menjadi penonton setia reka ulang acara balap mobil yang tersimpan dalam sebuah kaset. Saking seringnya diputar ia sampai hafal adegan bahkan dialog pada acara tersebut. Siput kecil yang lincah sangat mengagumi salah satu pembalap, yang selalu memimpin di arena balapan,juga menjadi pemenang di pertandingan balap mobil,bahkan mampu menirukan gaya bicara sang pembalap saat diwawancarai oleh para wartawan atas kemenangannya setelah bertanding.

Guy Gagne seorang pemuda keturunan Perancis-Kanada merupakan sosok pembalap yang menjadi idola siput kecil yang disapa “Theo” oleh temannya. Pria ini merupakan panutan Theo untuk bisa menjadi pembalap yang cepat dan hebat. Tidak hanya menyukai dunia balap, tapi siput kecil juga bermimpi bisa memiliki kecepatan layaknya mobil balap. Kata-kata yang terucap dari seorang Guy Gagne memacu semangatnya untuk meraih impiannya.
Memang terdengar mustahil seekor siput kecil yang tertakdir memiliki kecepatan tidak lebih cepat dari makhluk lainnya, namun tiba-tiba bisa melaju seperti mobil balap, mungkin hanya terdengar dalam cerita dongeng. Tapi saat Guy Gagne mengucapkan “Tak ada mimpi yang terlalu besar dan tak ada pemimpi yang terlalu kecil”, kalimat itu terangsang dalam otak sang siput dan menjadi landasan dalam setiap upayanya sebagai pemimpi. Ia terus berlatih mengasah kecepatannya disaat seisi dunia terlelap, dan mengalami peningkatan dari setiap latihannya.

Setiap hari dan setiap saat yang dibahasnya selalu tentang balapan dan kecepatan.  Hingga temannya hafal tentang teknik balap namun tak paham, justru ia menganggap Theo terus berbicara sesuatu yang membosankan. Tak jarang ia menasehati Theo untuk meninggalkan hal-hal berbau balapan dan kembali pada kehidupan nyata, karena itu sangat mustahil bagi seekor siput. Kemudian apa yang dilakukan Theo? Bukan ia tak menerima nasehat temannya, tapi karena sudah sangat yakin akan mimpinya dengan melanjutkannya.

Image result for turbo movie
Image Bros Club
Ketika dihadapkan pada situasi yang terancam, tetapi tujuan sudah di depan mata, bahkan seluruh teman-temannya  sudah menyerah sebelum berjuang, memilih untuk menyelematkan diri masing-masing dan melarangnya untuk tidak mendekati bahaya tersebut. Lagi-lagi Theo tidak terpengaruh dengan ucapan yang mencoba menjatuhkannya. Ia justru menghipnotis dirinya dengan kutipan kalimat dari Guy Gagne sang pembalap idolanya, “Ada saatnya dalam balapan pembalap dipaksa membuat keputusan kunci, dalam sepersekian detik. Ambil kesempatan dan resiko atau bermain aman dan menanggung kekalahan.” Mendengar Theo bergumam teman dekatnya mengira bahwa Theo sudah benar-benar gila. Dengan modal nekat Theo mencoba untuk mendekati buah tomat yang jatuh di tengah rumput sedangkan saat itu adalah hari berkebun dengan memotong rumput menggunakan mesin.

Karena melihat temannya dalam bahaya, Chet, teman dekat Theo tidak tega dan ia berbuat sesuatu untuk menyelamatkan temannya tersebut. Saat tomat sudah berada tepat di depan matanya, di balik tomat juga terdapat mesin pemotong rumput yang bisa mengahancurkan benda-benda di sekitar mesin tersebut. Tapi semangat Theo sama sekali tidak luntur ia terus melaju karena tujuannya tinggal beberapa jengkal lagi. Namun bukan tomat yang didapat, karena ia terpental akibat disemprotkan air oleh teman-temannya. Di saat yang bersamaan pula tomat itu hancur terpotong-potong. Melihat hal tersebut Theo tersadarkan akan mimpinya yang selama ini selalu dianggap mustahil.

Akhirnya Theo memutuskan untuk menyendiri di sebuah trotoar dekat jalan raya. Hingga akhirnya ia terbawa angin kencang dan kembali terpental sampai ia harus masuk ke dalam mesin mobil yang sedang balapan, secara tak sengaja ia meminum bahan bakar yang membuat mobil tersebut dapat melaju kencang.  

Related image
danieldokter.wordpress.com
Tanpa disadari pula tubuhnya telah berevolusi layaknya mobil balap. Dan ia kembali pada rumah yang selama ini ia tempati bersama Chet dan siput lainnya. Namun karena suatu hal yang menyebabkan kebun berisikan pohon tomat yang menjadi sumber makanan para siput rusak, disebabkan oleh Theo, lalu mendapat pembelaan dari Chet, keduanya pun diusir oleh ketua siput di sana.

Setelah diusir mereka memulai petualangan baru bersama. Bertemu dengan penjual Taco yang menyukai pertandingan balap siput dengan teman-temannya, menjadi awal cerita perjuangan Theo untuk mewujudkan mimpinya. Segala lika-liku  dihadapi, sampai suatu hari mimpi seekor siput yang sangat mustahil bagi kebanyakan orang untuk menjadi pembalap kelas sirkuit, mampu dibuktikan berkat keyakinan kuat dan usaha terbaik.

Related image
www.youtube.com

Image result for turbo movie
YouTube

Image result for turbo movie
Epoch Times

Walaupun cerita di atas hanyalah fiksi animasi tapi pesan yang disampaikan sangatlah kuat dan benar. jika kita mempunyai mimpi, mimpilah yang besar dan miliki keyakinan yang kuat sertakan juga selalu do’a dan tindakan menuju impian-impian itu, karena sekali lagi tidak ada mimpi yang terlalu besar dan tidak ada pemimpi yang terlalu kecil. 

#Zifah
Previous
Next Post »

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa follow dan berteman dengan saya di facebook : Nazifah R, Twitter : @zifah03, dan instagram : @zifahra ^^ ConversionConversion EmoticonEmoticon